Membuat Login Form di VB6 (+ Database Connect)

tumbh maker
Hmm... mungkin banyak yang bingung cara bikinnya, saya juga bingung sih sbenernya... hhe
Nahh kan dalam beberapa post sebelumnya (Membuat form login di VB6) itu kan menggunakan If, dan kurang flexibel.
Nahh kita sekarang bakal bikin yang flexible dan bisa berbagai macam orang masuk (mungkin alien juga... hhe)... Menggukan Database (MySQL, Ms.Access, dsb). Nahh... namun karena susahnya saya menggunakan MySQL, mari kita pake Ms. Access aja. Biar lebih mudah kami menjelaskan, untuk konek ke MySQL, nanti anda bisa cari di internet #maaf

Oke, masih di tempatnya, kita masih pake VB6. Nahh apa yang kita butuhkan? ini dia komposisinya.

Persiapan

Form1 (sebuah form biasa), buat tampilannya seperti ini:

Dengan catatan, kotak teks password di kasih passwordchar, kotakteks Username di beri nama txtUsername, dan kotakteks password di beri nama txtPassword, dan tombol Login diberi nama cmdLogin.
Nahh setelah itu anda harus meng-include refrencesnya Microsoft ActiveX Data Object Library. untuk tahu bagaimana caranya.

Programming

Nahh bagian ini yang paling saya suka... :D Nahh, pertama anda harus membuat koneksi yang terbuka selama aplikasi berjalan untuk aplikasi anda dengan kode ini:
Dim gsDataStream As New ADODB.Connection 'Declare streamer'
Dim gsBase       As New ADODB.Recordset  'Declare database'
Private Sub Form_Load()
'setting Variabel ato mungkin bisa langsung'
gsBasePath = App.Path & "\logindata.mdb" 'alamat database anda.'
gsBasePassword = "" 'jika database anda menggunakan password.'
    'membuka koneksi ke file'
    gsDataStream.Open "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & gsBasePath & "; Jet OLEDB:Database" & IIf(Len(gsBasePassword) > 1, "Password='" & gsBasePassword & "'", "") 'buka stream secara eksklusif'
End Sub
Setelah itu anda perlu membuat sebuah database, buka Microsoft Access Kalian! Lalu buatlah sebuah File dengan versi Ms. Acces 2003 kebawah (harus bertipe mdb). Lebih baik ikuti apa yang saya sarankan.. .:)

Nahh setelah itu buat sebuah tabel dan buat beberapa kolom. Kolom yang akan kita gunakan adalah kolom username, juga kolom passstring. Anda bisa menambahkan yang lainnya untuk keperluan anda. lalu simpan sebagai tblLogin si tabelnya.
Oke, selesai persiapan awal programmingnya, mari pesta... \ :v /.

Untuk loginnya, anda perlu mengecek apakah user udah teregistrasi dan passwordnya sudah benar atau belum. Ini dia kodenya beserta penjelasannya.
Private Sub cmdLogin_Click()
'mengecek apakah user sudah mengisi txt username dan txtpassword'
If Len(txtUsername.Text) < 0 And Len(txtPassword.Text) < 0 Then GoTo Kosong:
    'panggil database'
    gsBase.Open "SELECT * FOR tblLogin WHERE username='" & txtUsername.Text & "' AND passstring='" & txtPassword.Text & "'" 'cari data'
    If gsBase.RecordCount <> 0 Then
        MsgBox "User ada, password benar, berhasil!"
    Else
        MsgBox "User tidak ada atau password salah!"
    End If

Exit Sub 'keluarkan posisi pembacaan'
Kosong:
MsgBox "Error! Anda belum mengisi Username / Password", vbCritical, "Error"
End Sub
Selesai. Tapi ingat! Karena kita langsung memassukan teks yang user kasih kedalam perintah MySQL dan tanpa pengolahan sedikitpun, itu akan sangat berbahaya.
Oke, sekarang anda hanya perlu membuat databsenya, membuat settingnya, lalu mengsavenya dekat dekat dengan file program atau file project si VBnya. Sekian dan terima kasih.

Jika ingin menyisipkan kode, Harap di konversikan terlebih dahulu.
Jika ingin bertanya diluar topik, Silakan bertanya pada page "Out Of Topic" di bawah ini. Pertanyaan diluar topik pada halaman post akan segera dihapus. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment